Wednesday, October 24, 2012

Bismillah

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Teman, seberapa sering kamu mengingat dan mengucapkan kalimat itu ketika hendak memulai aktivitas? apakah setiap saat, kalau ingat saja, ataukah kamu tidak pernah dan enggan mengucapkan kalimat basmalah sekalipun kamu mengingatnya? naudzubillah... :(
Dalam ajaran Islam, para penganutnya sangat dianjurkan untuk membaca kalimat basmalah untuk memulai setiap aktivitas.   Hal ini dilakukan agar kita memperoleh keberkahan Allah dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan. Jadi, apa yang kita kerjakan tidak berbuah pada kesia-siaan. Bacaan bismillah juga merupakan bentuk penghambaan makhluk kepada Rabbnya, menyerahkan dan menggantungkan segala keputusan hanya pada Allah.
Anjuran untuk membaca kalimatul basmalah pun tercantum dalam Hadits. Rasulullah saw bersabda, “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” (menyebut nama Allah) maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan Allah)”.
Sebagian ulama salaf mengatakan bahwa “bismillah merupakan inti kandungan ajaran Islam” karena di situ ada unsur keyakinan terhadap Allah yang telah memberikan kekuatan sehingga seseorang dapat melakukan aktivitas yang diinginkan, pengakuan akan ketidakberdayaan seseorang di hadapan Allah Taala. “La haula wala quwwata illa billah (Tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah). Apalagi kalau bacaannya kita sempurnakan dengan kata bismillahirrahmanirrahim maka kita telah meyakini akan kebesaran Allah yang telah memberikan nikmat dan karunia, kasih sayang dan rahimnya kepada seluruh makhluk-Nya.
Sekarang, paham kan kenapa kita disuruh untuk mengucapkan bismillah untuk memulai aktivitas? So, jangan lupakan ataupun meremehkan kebaikan walau sekecil apapun. karena, mungkin perbuatan baik yang terlihat sepele menurut kita bisa bernilai besar di mata Allah.
Yuk, bismillah :)