Thursday, January 7, 2016

Wisata Religi di Kota Bandung


Suasana saat liburan panjang di Masjid Raya Bandung

"Aku mah liburan akhir tahun mau muhasabah aja di kamar,"
Tetiba seruangan musola akhwat penuh dg suara ketawa ngakak ngga percaya. Lah salah aku di mana? Mungkin karena aku menjawab dg jawaban anti mainstream. Di saat yg lain jawab mau berlibur kemana atau ngapain, sedangkan aku cuma diem aja di kamar. Atau mungkin karena apapun jawaban aku mereka selalu ketawa. Emangnya aku apaan coba? :v

Akhir dr obrolan singkat itu, aku kepikiran "iya juga ya, libur 4 hari sayang kalo ga dimanfaatkan sebaik mungkin." Akhirnya aku memilih utk bermuhasabah di Bandung aja bersama tetanggaku naeli dg tujuan utama Masjid Daarut Tauhid Bandung.

Segera kami booking tiket kereta online melalui tiket.com, keberangkatan Kamis 24 Des dan pulang Ahad 27 Des. Aku ingat setiap Kamis malam bada Isya ada kajian di Daarut Tauhid yang hampir selalu diisi oleh Aa Gym. Selama ini aku dengar kajian Aa Gym cuma lewat streaming online via soundcloud. Kajiannya Aa Gym kebanyakan tentang tauhid, marifatullah (mengenal Allah), atau asmaul husna. Penyampaian beliau langsung dikaitkan dg kejadian dan contoh sehari2. Kadang diselingi juga sama humor lucu. Asik deh dengernya, serius tapi ngga kaku. Cocok buat remaja.


Perjalanan Jakarta-Bandung dengan kereta butuh waktu 3 jam. Kami berangkat dr stasiun Gambir jam 16 dan sampai stasiun Bandung jam 19. Sepanjang perjalanan Jkt-Bdg, banyak banget pemandangan keren masya Allah. Itulah alasanku kali ini milih kereta sbg transportasi.

KA Argo Parahyangan

Pemandangan dari dalam kereta (foto: mochammadopop@kaskus)

Sampai stasiun langsung disambut sama akustik






Dari stasiun Bandung ke Masjid Daarut Tauhid Gegerkalong sebenarnya hanya naik angkot sekali jurusan Stasiun Hall-Lembang. Ongkosnya juga cuma 5 ribu. Tapi karena sudah malam, angkot jurusan ini agak jarang lewat. Hampir aja aku mau naik becak motor sampe Gerlong. Aku pikir seru juga keliling kota Bandung di malam hari dengan Becak. Tapi pas tau ongkosnya 70 ribu heheu aku lebih milih nunggu angkot dulu. Ngga lama setelah ngobrol dg bang becak akhirnya angkotnya lewat. Buru2 kami stop dan alhamdulillah tujuannya benar, kosong pula. DT we're comiing!

Sepinyaaa angkot putih jurusan lembang

Masjid DT tampak depan



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Berikut Jadwal Kajian Rutin di Masjid Daarut Tauhid Bandung :

Kajian Bada Magrib :
Senin : 18:00 - 19:30 Pemateri : Ust. Ir. Abu Yahya Purwanto Materi :Kitab Tauhid
Selasa : 18:00 - 19.30 Pemateri : Ust. Roni Abdul Fattah, S. Th. I Materi : Siroh Sahabat
Rabu : 18:00 - 19.30 Pemateri : KH. DR. Saiful Islam Mubarok, Lc, M Ag Materi : Hadis Arbain
Kamis : 18:00 - 19.30 Pemateri: Ust. Abdul Wahab, Lc Materi : Tafsir Kontenporer
Jum'at : 18:00 - 19.30 Pemateri : Ust. Mulyana, S Ag : Siroh Nabi
Sabtu : 18:00 - 19.30 Pemateri : Ust. Muh.Saepudin, Lc, M.Ag Materi : Terjemah Tafsir Perkata
Ahad : 18:00 - 19.30 Pemateri : Ust. H.Fahrudin, M.Ag Materi : Fiqh ( Kitab Fathul Qorib )

Kajian Bada Ashar :
Kamis : 15.30 - 17.00 Pemateri : KH. Abdullah Gymnastiar Materi : Al Hikam
Sabtu : 15.30 - 17.00 Pemateri : Ust. Maulana Yusuf Materi : Seni Membaca Al Qur'an
Ahad I,II,III,V : 15.30 - 17.00 Pemateri : KH. DR. Saiful Islam Mubarok, Lc, M Ag Materi : Tas Q
Ahad IV : 15.30 - 17.00 Pemateri : KH. Djalaludin Asyatibi Materi : Fiqih Kontemporer

Kajian Ma'rifatullah :
Kamis : 19.30 - 21.00 Pemateri : KH. Abdullah Gymnastiar Materi : Kajian Ma'rifatullah

Kajian MQ Pagi :
Setiap Hari : 05.00 - 06.00 Pemateri : KH. Abdullah Gymnastiar - Tim Asatidz Daarut Tauhiid

Kajian Ahad Siang :
Setiap Ahad : 13.00 - 15.00 Pemateri : Teh Ninih Muthmainnah Materi : Kajian Muslimah

Kajian Warga Sekitar :
Selasa : 16.00 - 17.00 Pemateri : eh Ninih Muthmainnah Materi: Kajian Muslimah | Setiap Pekan

Info:
Website : http://www.daaruttauhiid.org/ .
Masjid Daarut Tauhiid Bandung, Tlp. 022 - 70832901
Jl.Gegerkalong Girang No. 38 bandung
Pin BB : 25B02D5F

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sebenarnya banyak masjid-masjid di Bandung yang bagus untuk dikunjungi. Tadinya mau ke Masjid Al Irsyad juga (masjid unik rancangan Ridwan Kamil), tapi karena terbatasnya waktu kami hanya bisa berkunjung ke Masjid Daarut Tauhid, Masjid Raya Bandung, dan Masjid Salman ITB.

tampak atas emang view yang paling bagus kalo kamu lagi di tengah lautan manusia




Buat kamu yang merasa galau karena kurang piknik, mungkin Bandung bisa menjadi tujuan wisata kamu selanjutnya. Nggak hanya tata kota atau pemandangan alamnya yang buat kamu nyaman, tapi kamu bisa juga menemukan ketenangan jiwa di sana. :)