Sunday, August 14, 2016

The Books I Love




Challenge hari pertama ini seputar buku apa sih yang saya suka? Sebenarnya gambar buku di atas agak ''menipu". Kalau saya baca buku setebal di atas, sepertinya akan butuh waktu sekitar satu bulan (paling cepat) :D

Langsung saja, buku yang paling-paling-paling saya suka adalah buku-buku yang berkonsep visual book (komik, pictorial book for kids, buku penuh infografis, tipografi, dll), buku psikologi, dan buku entrepreneur. 

Biasanya pembaca buku komik tergolong masih anak-anak, saya juga sudah menyukai komik sejak kecil. Komik langganan saya saat itu Doraemon, Detektif Conan, Komik serial cantik (ala-ala Nakayoshi), dan Kungfu Komang (yang ini saya suka pas SMP). Kelebihan orang yang suka membaca komik biasanya memiliki daya imajinasi yang lebih dibanding yang lain, sama seperti pembaca novel atau karya fiksi. 


1. Doraemon & Detective Conan

Dua karakter ini pasti sudah pada kenal. Alasannya karena film kartunnya sudah pernah diputar di televisi Indonesia. Inget banget, Doraemon itu jadwal tayangnya jam 8 di RCTI. Kalau Conan di Indosiar (tapi lupa jam berapa).

si Ganteng dan Genius, Conan Edogawa



2. Kungfu Komang

Komik satu ini asalnya dari korea loh. Komik Jepang disebut manga, kalau Korea disebutnya manhwa. Sejak adanya webtoon, manhwa jadi booming banget di Indonesia. 

Kungfu Komang adalah manhwa tentang perguruan kecil yang dipimpin oleh Mulbuldosa, seorang pertapa sakti yang diturunkan dari langit. Murid pertamanya adalah Komang, tokoh utama manhwa ini. Murid keduanya adalah Ninjaring, dan kemudian cerita berlanjut hingga akhirnya perguruan ini memiliki murid-murid lainnya. Perguruan ini sangat kecil dan tidak mempunyai nama yang jelas, karena kecilnya bahkan dapat dikatakan sebagai keluarga. Mereka seringkali mengikuti turnamen bela diri maupun ujian masuk sebagai pegawai kerajaan, namun usaha mereka selalu diselipi oleh berbagai macam hal yang konyol, yang pada akhirnya seringkali membawa mereka ke kegagalan.
Kelakuan mereka absurd banget!
Menurut saya sepertinya ini masuk kategori komik dewasa karena banyak adegan kekerasan/pembullyan :')

3. Muslim Show

Muslim Show Dibuat pada tahun 2009 oleh Noredine Allam, Greg Bllondin, dan Karim yg kemudian produksinya dilakukan oleh BDouin Publishing (PERANCIS).
Komik ini membahas kehidupan Muslim di masa kini. Menyindir secara halus dan menurut saya sindirannya “kena” banget. Pada saat IBF 2014, komikus Muslim Show menjadi pengisi stand utama. Saat itu Mizan menjadi partner kerjasama dengan BDouin Publishing. Mereka datang langsung dari Perancis.








Tak menyia-nyiakan kesempatan, saya ikut bedah bukunya, sesi tanda tangan, dan diberi hadiah gambar di halaman judul. Mirip lumayan..


4. Buku-buku Al-Fatih Studio

Sebenarnya yang saya sukai dari buku-buku al-fatih studio adalah ilustrasinya. Beberapa bukunya, seperti Udah Putusin Aja, Yuk Berhijab, Khilafah, dll. Buku terbitan mereka itu dikemas secara simple tapi tetap menarik. Teksnya sedikit, layoutnya apik. 

Story by Felix Siauw, Visual by Benefiko
Mba Benefiko salah satu idola saya di dunia desain. Visualis Dakwah sudah melekat banget sebagai personal brandingnya beliau. Barakallah! :)

Kalau kalian suka baca buku apa? Boleh tulis rekomendasi buku yang bagus di kolom komentar :) 


“If you don’t like to read, you haven’t found the right book.” J. K. Rowling